Berkontribusi dalam Mengatasi Kondisi Cuaca Ekstrem yang Mengancam

2024-04-25 16:57:21

Share Via

Cuaca ekstrem semakin menjadi ancaman global yang tak bisa diabaikan, bukan hanya di Indonesia namun di beberapa negara lainnya, seperti di Dubai, Mesir, dan Jepang. Dari gelombang panas yang melanda Eropa hingga banjir bandang di Asia Tenggara, cuaca ekstrem menyebabkan kerugian besar dalam kehidupan manusia, ekonomi, dan lingkungan kita. Jika, diperhatikan kondisi cuaca di tempat tinggal kita semakin tidak menentu, ada kalanya cuaca sangat panas dan menyengat namun tiba-tiba berubah menjadi gelap dan disertai petir. Jika kita tidak menanggapi isu ini secara serius, maka orang-orang tersayang disekitar kita dapat menjadi korban. Akibat dari cuaca ekstrem ini sangat beragam, mulai dari meningkatnya penyakit DBD, banjir, hingga harga pangan yang melonjak akibat mengalami kerusakan. 

 

Terdapat banyak langkah yang kita ambil untuk berkontribusi dalam mengatasi isu perubahan iklim:

 

  1. Transportasi Ramah Lingkungan

Menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dari kendaraan bermotor. Selain itu kita dapat mengurangi penggunaan energi dengan mematikan peralatan listrik saat tidak digunakan, menggunakan lampu LED, dan menggunakan ventilasi rumah untuk mengurangi penggunaan AC dan pemanas.

 

  1. Penghematan Air

Mari mulai mengurangi penggunaan air saat mandi atau mencuci bahan makanan. Mengurangi Penggunaan Air Bersih dapat dilakukan dengan Mengumpulkan air hujan untuk keperluan seperti menyiram tanaman dan mencuci kendaraan.

 

  1. Mendukung Produk Ramah Lingkungan

Memilih produk dengan label ramah lingkungan, seperti yang memiliki sertifikasi organik atau produk yang mudah hancur dapat membantu menguraikan produk dengan lebih cepat sehingga sampah tidak akan menggunung dan memerlukan waktu lama agar bisa hancur. Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan memanfaatkan kemasan produk yang sudah tidak terpakai juga bisa mengurangi sampah rumah tangga.

 

  1. Konservasi Alam

Penanaman Pohon Mengambil bagian dalam kegiatan penanaman pohon atau mendukung organisasi yang melakukan restorasi lingkungan. Pelestarian Habitat Mendukung upaya pelestarian habitat alam liar untuk menjaga keanekaragaman hayati dan ekosistem.

 

Dibutuhkan komitmen pribadi serta kepedulian yang terus berkelanjutan agar kita tetap menyadari tentang hal-hal yang merusak lingkungan. Jika individu dari kita dapat melakukan sedikit aktivitas menjaga lingkungan seperti di atas, maka hal itu dapat memiliki dampak besar dalam memerangi perubahan iklim dan melindungi planet kita untuk generasi yang akan datang.